Resep Beras Kencur dengan Bahan Beras Merah

Beras kencur dikenal sebagai minuman tradisional khas Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan herbal segar. Komposisi utamanya ialah beras dan rimpang kencur yang memiliki senyawa fenolik berfungsi sebagai antioksidan (Latifah, 2014). Minuman beras kencur memiliki sensasi hangat, aroma herbal yang kuat dan dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan, karena mampu menyembuhkan sakit kepala, gangguan pencernaan dan memulihkan stamina.


Pada umumnya beras yang biasa digunakan untuk membuat beras kencur ialah beras putih. Tetapi untuk meningkatkan khasiatnya beras putih dapat kita ganti dengan beras merah. Beras merah dalam banyak kajian dibandingkan dengan beras putih memiliki beberapa keunggulan antara lain memiliki senyawa flavonoid fungsional, elemen mikronutrisi essensial, lemak fungsional dan penangkap radikal bebas (antioksidan). Seperti yang telah dipaparkan oleh Adzkiya (2011) dalam tesisnya, pengujian penggunaan beras merah dalam minuman beras kencur dapat meningkatkan aktivitas antioksidan tanpa terkendala pada penerimaan sensori atribut citarasa dan warna. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/52108

Bahan utama yang digunakan untuk membuat jamu beras kencur yaitu : beras; rimpang kencur. Untuk menambah citarasa dan khasiatnya, bisa juga ditambahkan bahan yang lainnya seperti : rimpang jahe; buah asam (untuk memberikan kesegaran); gula jawa (untuk memberikan rasa manis); dll. Secara umum, tahap-tahap pembuatan jamu beras kencur cukup mudah.
  1. Pertama beras merah dicuci, kemudian ditumbuk hingga halus.
  2. Bahan lainnya (seperti jahe, asam, gula jawa, dan lainnya) yang akan ditambahkan, dihaluskan dengan blender atau diparut.
  3. Ke dalam beras yang telah dihaluskan, ditambahkan air matang sedikit demi sedikit, lalu didiamkan selama kurang lebih 3 jam.
  4. Setelah itu, larutan beras tersebut dituangkan ke dalam bahan tambahan yang telah dihaluskan.
  5. Campuran tersebut diremas kemudian disaring dengan kain saring yang bersih. Air yang dihasilkan bisa langsung disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar