Kandungan Beras Merah Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit Banyak Dilirik sebagai Bahan Masker dan Sabun Mandi

Bagi setiap orang terutama wanita, penampilan fisik adalah suatu hal yang paling pertama dilihat dan dinilai seseorang terhadap orang lain. Memiliki kulit wajah halus dan cerah merupakan dambaan setiap orang, khususnya kaum wanita yang ingin penampilan fisiknya cantik dan menarik. Berpenampilan cantik dan menarik secara umum dapat dilihat dari kulit seseorang. Kulit merupakan salah satu alat tubuh manusia yang terpenting, yang terletak pada bagian luar. Memiliki fungsi sebagai pelindung dari organ-organ tubuh dari sinar matahari dan lain-lainya. Kulit yang sehat diistilahkan dengan jenis kulit normal, karena secara umum jenis kulit normal tidak memiliki kelainan yang serius dan perawatannyapun relatif mudah dibandingkan jenis kulit yang lain. Umumnya disepakati umum  bahwa “kulit wajah yang sehat memiliki kriteria yang elastis/lentur, lembut warna kulit bercahaya, dan jenis kulit normal. Hal yang tidak dapat dipungkiri dari keinginan wanita adalah memiliki kulit bersih, sehat dan bercahaya merupakan salah satu aspek yang bisa membuat rasa percaya diri yang tinggi. Kulit yang bersih, sehat, bercahaya dan terawat bisa menjadi milik semua orang jika perawatan dilakukan dengan tepat dan teratur. Kulit sehat adalah kulit yang normal, tidak kering/mempunyai kelembaban yang cukup, kulit terasa elastis/lentur, tekstur kulit yang lembut dan halus, serta warna kulit yang bercahaya.

Pada  wanita yang telah menginjak usia 30-45 tahun salah satu kerisauan yang muncul adalah kulit wajah kering. Kulit yang kering akan terlihat kusam, bersisik, serta kurang elastis dibandingkan kulit normal. Kulit kering disebabkan oleh karena cuaca,makanan, obat-obatan dan sering berada di dalam ruangan yang ber-AC, faktor genetik, pola hidup tidak sehat. Kondisi kulit seperti ini walaupun dirias/di make-up, tetap kondisinya belum mampu menutupi dengan baik, karena keadaan kulit tersebut kering dan daya serap mulai berkurang.

Masker adalah sediaan kosmetik yang digunakan pada tingkat akhir dalam perawatan kulit wajah setelah pembersihan pengurutan/massage. Salah satu kosmetik yang dibutuhkan oleh kulit kering adalah kosmetika tradisional yang dapat mencegah dehidrasi pada kulit. Sedangkan kosmetik yang dapat digunakan untuk perawatan kulit kering adalah kosmetik yang dapat memberi 4 kelembaban dan kecerahan untuk kulit. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker beras merah. 

Olahan beras merah juga sudah dimanfaatkan oleh produsen sebagai bahan kecantikan, mulai dari bedak, sabun, lulur dan masker. Beras merah memiliki nama ilimiah Oryza Nivara. Beras merah berwarna keunguan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Peran antioksidan bagi kesehatan tubuh yaitu mencegah kerusakan kulit yang ditimbulkan oleh radikal bebas serta berperan penting terhadap peremajaan kulit. Terutama sel kulit mati yang diakibatkan paparan sinar matahari. Masker beras merah teruji dapat membantu menjaga kelembaban kulit, meremajakan kulit, dan merelaksasi kulit. 

Beras merah memiliki kandunagn gizi yang tinggi. Berikut adalah kandungan gizi yang terdapat pada beras merah:
Komposisi Kandungan Zat Gizi Beras Merah Per100 gram 
  1. Energi 232 kal 
  2. Protein 4,55 gr 
  3. Karbohidrat 49,7 gr 
  4. Vitamin B6 0,294 mg 
  5. Vitamin B1 0,34 
  6. Vitamin E 1,4 mg 
Sumber: Direktorat Gizi, Depkes, RI 2012 

Jelaslah dalam hal ini beras merah banyak manfaatnya, tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan, namun juga sangat banyak manfaatnya bagi kecantikan.khususnya untuk perawatan kulit wajah yang berjenis kering. Vitamin B1 (Thiamin) membantu melembabkan kulit yang terkena paparan sinar matahari. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa beras merah banyak memberikan manfaat yang baik bagi kulit karena memiliki beberapa kandungannya terutama seperti E dan B1(Thiamin) yang berperan penting untuk melembabkan kulit wajah.

Berdasarkan kajian dan penelitian terhadap manfaat beras merah sebagai masker untuk kelembaban dan kesehatan kulit banyak produsen kosmetik dan kecantikan melirik beras merah sebagai bahan masker dan juga bahan pembuat sabun mandi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar