Tips Cara Memasak Beras Merah




Meskipun masyarakat mulai mengetahui manfaat kandungan gizi dan serat beras merah lebih baik untuk diet dibanding beras putih, namun konsumsi beras merah tetaplah minim. Ini disebabkan salah satunya  karena belum banyak yang mengetahui cara memasak beras merah sehingga bisa menjadi enak dan pulen. Memasak beras merah dan beras putih memang merupakan dua hal yang berbeda karena kulit ari yang masih menempel pada beras merah memang membuat nasi merah jadi terasa lebih keras dan kasar dibanding nasi putih namun bila mengetahui caranya, rasa dan tekstur beras merah dapat seenak nasi putih.
Cara pertama memasak beras merah untuk diet dengan memakai dandang.
Pertama, cuci beras merah hingga bersih. Beras merah yang telah dicuci direndam di air bersih selama 15 – 20 menit. Selagi menunggu proses perendaman, panaskan sejumlah air hingga mendidih. Masukkan beras merah yang telah direndam ke air mendidih, masak hingga air habis lalu matikan api. Siapkan dandang di atas kompor, lalu masukkan beras merah yang setengah matang tadi. Bila perlu dapat menaburkan sedikit garam. Masak hingga matang. Cara memasak dengan dandang memang lebih ribet namun akan menghasilkan rasa yang paling enak.
Cara kedua memasak beras merah dengan memakai rice cooker.
Metode ini terbilang lebih mudah dibandingkan memasak dengan dandang namun tetap dapat memberikan hasil akhir yang memuaskan. Cuci beras merah , setelah bersih, tambahkan air dengan perbandingan air dan beras 3:1. Masukkan ke dalam rice cooker yang menyala selama 30 menit. Setelah hangat, tambah sedikit garam lalu aduk – aduk. Terakhir, barulah Anda menekan tombol ‘cook’ dan tunggu beras merah hingga matang.
Nasi putih merupakan makanan pokok penting bagi orang Indonesia, namun setelah melihat banyak manfat beras merah untuk diet, tentunya Anda kini tergoda mengganti nasi putih dalam keseharian Anda dengan beras merah. Cobalah mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti makanan pokok Anda dan rasakan manfaatnya.

Tips memasak beras merah  berikut ini dapat dicoba :
 1. Rendam sebelum dimasak
Agar lebih cepat matang, rendam beras merah selama 30-60 menit sebelum dimasak. Atau seperti disebut diatas masukkan beras merah yang telah dicuci ke dalam rice cooker kondisi menyala WARM (menghangatkan) seperti diterangkan sebelumnya. Setelah hangat sekitar 30 menit lanjutkan dengan COOK (memasak) sampai matang otomatis.
 2. Gunakan air lebih banyak
Beras merah perlu dimasak dengan air 2 kali lebih banyak dibandingkan beras putih. Tiap 1 gelas beras merah membutuhkan sekitar 3-4 gelas air dalam proses memasaknya.
3. Masak lebih lama
Beras merah membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak. Jika Ibu memasak nasi dengan rice cooker, tambahkan waktu memasaknya. Akan tetapi, hasil nasi merah akan lebih lembut jika dimasak dengan cara ditanak.
 4. Campur beras merah dengan beras putih
Bila keluarga masih menyesuaikan diri untuk mengonsumsi nasi merah, Kita bisa mencampur beras merah dengan beras putih, misalnya dengan perbandingan 3:1 (3 bagian beras putih, 1 bagian beras merah).

TIPS MEMASAK BERAS MERAH TERSEBUT DI ATAS TIDAK BERLAKU BILA ANDA MENGKONSUMSI BERAS MERAH CIANJUR RED NIBRAS 

Beras Merah Cianjur Red Nibras dapat dimasak sama halnya dengan takaran beras dan takaran air bila anda mengkonsumsi beras putih pada umumnya, karena beras merah cianjur seperti juga ciri khas beras putih pandanwangi yaitu menebarkan bau wangi sedap seperti pandan, dan bersifat pulen. Hal ini tidak terlepas dari daya dukung khas tanah Cianjur yang bertipe tanah Andosol/ Regina, terutama daerah persawahan Kec. Warungkondang, Kec. Cugenang, Kec. Cibeber, Kec. Cianjur dan Kec Cilaku. Inilah yang membedakan beras merah khas cianjur (pandanwangi), dengan beras merah lainnya. Secara spesifik ilmiah, memang, belum ada penelitian yang mempelajari kandungan dan struktur tanah jenis ini. Namun, uniknya di dunia, tanah jenis ini hanya dapat ditemukan di Negara Brasil dan di beberapa daerah di Cianjur.(sumber : Jurnal Aplikasi Iptek untuk Masyarakat : Penyuluhan tentang Perlindungan Hukum Indikasi Geografis Beras Pandanwangi Cianjur Jawa Barat; Tatty A.Ramli dan Yety Sumiyati UNISBA Bandung).

Beras Merah Cianjur Organik Red Nibras dapat di beli secara online di


Tidak ada komentar:

Posting Komentar