Fakta Nutrisi Beras Merah VS Beras Putih



Beras Merah
Beras merah adalah beras yang ketika kulit luarnya(sekam) sudah dikupas, akan meninggalkan biji yang memiliki lapisan (bekatul) yang berwarna kemerahan. Dan ketika dimakan memberikan sedikit rasa apek dan lebih gemuk, juga lebih cepat mengenyangkan dan memberikan efek kenyang lebih lama daripada beras putih.
Keunggulan beras merah daripada beras putih adalah, mengandung serat sekitar 14% dari total kebutuhan serat harian kita. Serat sangat penting untuk kesehatan kita, terutama untuk melunturkan kolesterol, menjaga tingkat gula darah, mencegah kanker, dan mencegah sembelit. Beras merah juga mengandung mineral, yaitu mangan, selenium, magnesium, zat besi, vitamin B, bahkan protein.  Karena mengandung bermacam keunggulan nutrisi tersebut beras merah dipercaya dan dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai cara diet menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol, penderita penyakit diabetes (indeks glikemik rendah), gangguan pencernaan seperti sembelit (kaya serat),  dan masalah peredaran darah (kandungan selenium).
Beras merah paling banyak dibudidayakan di Asia, namun sayangnya produksinya lebih rendah, sehingga harganya lebih mahal dan lebih sulit didapat. Selain itu, beras merah juga lebih cepat rusak, atau tidak memiliki ketahanan simpan yang tinggi seperti halnya beras putih.
Beras putih
Beras putih adalah sebutan untuk beras yang ketika kulit luarnya di kupas, akan meninggalkan butiran beras yang berwarna putih. Beras putih umumnya digiling dan diproses, menghilangkan seluruh lapisannya (sekam dan bekatul) sehingga menampilkan warna yang putih jernih atau mengkilap.
Beras putih adalah jenis makanan utama yang dikonsumsi oleh seluruh penduduk di dunia. Hal ini mungkin karena beras putih lebih mudah didapat, lebih murah, nasinya lebih lembut dan lebih enak dimakan daripada beras merah pada umumnya. Nasi dari beras putih juga cocok bagi orang yang bermasalah dengan pencernaan.  Namun sayangnya, beras putih tidak memiliki lapisan terluar, sehingga tidak banyak mengandung vitamin, mineral dan serat seperti halnya beras coklat atau beras merah. Nasi putih hanya menyediakan banyak energi bagi tubuh kita yang berasal dari pati yang berisi karbohidrat. Menurut penelitian, pemakan terbesar nasi putih lebih cenderung memiliki keluarga dengan riwayat diabetes.
Perbandingan
beras putih
beras merah
Penyimpanan
Umur simpan lebih lama
Umur simpan lebih pendek
Lapisan
Seluruh isinya adalah pati, tidak ada lapisan
Dilapisi oleh lapisan berwarna coklat
Nutrisi
Ketika menjadi beras, nutrisinya hilang
Tetap memiliki nutrisi, yaitu terdapat pada lapisan yang berwarna coklat
Daya Cerna
Lebih cepat dicerna, cocok bagi yang bermasalah dengan pencernaan
Lebih lama dicerna, sehingga kurang cocok dengan orang dengan usus sensitif.
Kolesterol
Tidak menurunkan kolesterol
Menurunkan kolesterol
Serat
Tidak mengandung serat, sehingga butuh makan lebih banyak agar tetap kenyang
Mengandung serat, sehingga lebih lama mengenyangkan walaupun lebih sedikit
Lemak
Tidak mengandung lemak
Mengandung lemak
Waktu memasak
Lebih cepat dimasak, sehingga membutuhkan air lebih sedikit
lebih lama dimasak, dan membutuhkan lebih banyak air
Sumber : http://www.carakhasiatmanfaat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar