Manfaat Tajin Beras Merah





Penambah Energi

Minum air dari rebusan beras sangat baik untuk meningkatkan energi. Di India, para petani biasa meminum ini sebelum mereka mulai bekerja. Air beras atau tajin yang kental sangat baik dalam meningkatkan energi terutama ketika akan memulai aktivitas atau setelah kelelahan melakukan pekerjaan berat. Ini karena air tajin kaya karbohidrat yang menjadi bahan bakar utama untuk melakukan berbagai aktivitas. Minum segelas air tajin bahkan bisa membuat kamu kenyang dan mampu melakukan aktivitas hingga sore hari.

Air tajin beras putih memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dan dapat menjadi sumber energi untuk kebutuhan sehari-hari. Air rebusan beras ini dapat dijadikan untuk minuman penambah energi yang alamiah. Nggak hanya untuk kebutuhan anak-anak namun air tajin ini dapat dijadikan minuman alternatif penambah energi bagi orang dewasa. Sehingga kalangan dewasa yang memerlukan kebutuhan energi nggak harus memilih minuman penambah energi yang ada di pasaran.

Cegah Gastroenteritis

Air beras bisa mencegah masalah pencernaan atau gastroenteritis bila dikonsumsi secara rutin. Air tajin yang hangat juga bisa mencegah gastroenteritis karena mampu menetralkan asam lambung yang tinggi dan sangat mudah dicerna. Minum air tajin rutin setiap hari akan meredakan maag dan mengatasi masalah pencernaan.

Kandungan nutrisi air tajin mampu mengatasi masalah sistem pencernaan yaitu gastroentritis dan sembelit. Gastroentritis merupakan sejenis masalah penyakit asam lambung yang berlebih atau sejenis penyakit maag. Peran dari air tajin ini dapat menormalkan atau menetralkan asam lambung yang berlebihan tersebut.

Selain itu, air tajin juga dapat mengatasi masalah sembelit yang menimpa sistem pencernaan. Masalah sembelit nggak boleh dianggap remeh karena jika dibiarkan terlalu lama akan membuat tubuh semakin muda terserang berbagai macam masalah. Dengan demikian, meminum air tajin yang kental dan selagi masih hangat secara rutin dan teratur mampu meminimalisir masalah pencernaan tersebut.

Mengatur Suhu Tubuh


Air rebusan beras bisa membantu mengatur suhu tubuh terutama saat di cuaca panas. Selain itu, air beras minuman yang bisa menyelamatkan kamu dari dehidrasi. Ketika banyak kehilangan cairan yang keluar melalui keringat, dengan mengonsumsi air tajin tubuh kamu akan baik-baik saja.

Air beras secara efektif dapat mengembalikan nutrisi yang hilang dan mencegah kehilangan cairan selama demam. Meminum air tajin dapat mempercepat proses penyembuhan.

Cegah Kanker

Secara mengejutkan ternyata air tajin juga baik dalam mencegah kanker tanpa disadari. Nggak seperti nasi yang terlalu kaya karbohidrat, air tajin merupakan sari-sari beras yang sangat baik untuk mencegah tubuh terserang penyakit nakal. Akan lebih baiknya jika tajin diambil dari beras merah.

Sari beras yang terdapat dalam air tajin memiliki peran penting yang dapat mencegah munculnya kanker dalam organ tubuh. Jadi selain mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dapat disertai dengan tambahan minuman dari air tajin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Sembelit


Air beras juga sangat baik untuk mencegah konstipasi. Nggak hanya itu, air ini juga baik untuk dikonsumsi saat sedang sembelit. Ketika menderita sembelit maka minum air tajin bisa meringankan deritanya. Karena air tajin yang hangat dan kental bisa membantu memecah zat sisa di dalam usus dan memudahkannya keluar.

Minum air tajin juga meringankan sakit perut karena kembung. Selain itu, air beras juga dapat melindungi dari polusi juga cahaya matahari berperan sebagai antioksidan sesuai dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Baik kulit maupun tubuh, air beras akan menolong tubuh kita melawan zat berbahaya yang dapat muncul kapan saja.

Sumber Karbohidrat

Air beras bisa menjadi sumber karbohidrat juga. Jika mencari sumber karbohidrat yang mudah dicerna, cobalah air beras. Manfaat air beras yang paling utama adalah untuk menganjal lapar. Air beras yang dimasak atau air tajin akan membuat perut kenyang karena mengandung karbohidrat.

Air tajin ini cocok dikonsumsi oleh balita atau anak-anak yang masih belum dapat memakan nasi. Orang dewasa juga dapat mengonsumsinya karena rasanya manis dan nikmat.

Mencegah Alzheimer

Bahkan air tajin sendiri juga bisa mencegah alzheimer karena memiliki nutrisi yang baik bukan hanya untuk tubuh namun juga untuk otak dan syaraf yang melingkupinya. Minum air tajin hangat di pagi hari untuk usia lanjut akan membantu mencegah terjadinya penurunan fungsi otak.

Kesehatan otak dan syaraf-syarafnya dapat dijaga dengan memberikan nutrisi air tajin beras. Air tajin tersebut dapat dijadikan minuman alternatif bagi kalangan orang lanjut usia. Untuk meminum air tajin tersebut sebaiknya setiap pagi hari agar masalah pikun atau alzheimer dapat dihindari . Selain itu melatih aktifitas otak juga perlu dilakukan secara seimbang sehingga nggak mudah pikun.

Lindungi Dari Sinar Matahari

Air tajin juga dikenal mampu menangkal paparan sinar matahari yang terlalu terik sehingga mengurangi kerusakan akibat radiasi panas matahari. Paparan sinar matahari secara langsung dapat membakar jenis kulit sensitif. Air tajin atau air cucian beras merah ternyata mampu untuk membantu mengobati kulit yang terbakar tersebut. Cara menggunakannya yaitu cukup dengan mengoleskan air tajin dingin pada kulit yang terbakar. namun cara melakukan ramuan ini harus secara rutin dan teratur agar kulit bisa dapat segera sembuh.

Jadi, mungkin hal ini bisa menjadi pertimbangan bagimu untuk kembali beralih memasak nasi secara tradisional atau menggunakan kompor. Agar dapat mengambil dan memanfaatkan beragam manfaat dari air tajin tersebut.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar